Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Cut Devi Rianisa, 1402072178 (2021) Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
Cut Devi Rianisa, 140207178, FTK, PBL, 082217999136.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki adaptasi yang tinggi sehingga mampu hidup pada ekosistem gambut yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan miskin unsur hara seperti kawasan suaka margasatwa rawa singkil. Terjadinya kerusakan hutan yang diakibat oleh masyarakat seperti bertani, pengambilan kayu yang mengakibatkan kerusakan habitat dan vegetasi yang terdapat di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil, khususnya keanekaragaman tumbuhan paku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan paku di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam, untuk mengetahui uji kelayakan dari hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan suaka margasatwa rawa singkil kecamatan rundeng kota subulussalam dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan suaka margasatwa rawa singkil kecamatan rundeng kota subulussalam. Lokasi penelitian ditentukan berdasarkan rona lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode metode Line transek. Analisis data hasil penelitian dianalisis dengan teknik kualitatif, sedangkan tingkat keanekaragaman menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu dengan indeks keanekaragaman Shannon Winner, rumus uji validasi dan rumus respon mahasiswa. Hasil penelitian yang dilakukan di kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam terdapat 12 jenis tumbuhan paku dari 10 family, dengan indeks keanekaragaman tergolong sedang yaitu Ĥ = 2.0015. Hasil uji kelayakan dari buku monograf skor total 74% hal ini menunjukkan buku monograf layak direkomendasikan, dan hasil respon mahasiswa diperoleh skor total 80,37% hal ini menunjukkan buku monograf menarik bagi mahasiswa. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu jenis tubuhan paku yang terdapat di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil termasuk dalam kategori sedang, hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa layak untuk direkomendasikan dan hasil respon terhadap buku monograf menarik bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Devi Rianisa Cut
Date Deposited: 11 Feb 2021 10:53
Last Modified: 11 Feb 2021 10:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item
TOP