Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Berbasis Al-Qur’an Melalui Video Pembelajaran Di Smas Babul Maghfirah Aceh Besar

Zulfahnum, 150207154 (2021) Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Berbasis Al-Qur’an Melalui Video Pembelajaran Di Smas Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Berbasis Al-Qur’an Melalui Video Pembelajaran Di Smas Babul Maghfirah Aceh Besar)
Zulfahnum, 150207154, FTK, PBL, 085311019262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Sekolah terpadu seperti pesantren perlu adanya pembelajaran berbasis Al-Qur’an, namun di SMAS Babul Maghfirah belum menerapkan pembelajaran berbasis Al-Qur’an akan tetapi hanya membahas materi saja seperti materi sistem reproduksi di kelas XI-B, sehingga peserta didik kurang mencari tahu tentang ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik pada pembelajaran materi sistem reproduksi berbasis Al-Qur’an di SMAS Babul Maghfirah. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAS Babul Maghfirah yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel secara total sampling, dimana kelas XI-B dijadikan kelas eksperimen. Metode penelitian ini yaitu Pre Eksperimen dan desainnya yaitu one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran pada materi sistem reproduksi berbasis Al-Qur’an meningkat dari pre-test ke post-test dengan N-Gain sebesar 0, 69 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dengan db 19 diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung 31,43 dan ttabel 2.093) serta respon peserta didik tergolong dalam kategori sangat tinggi sebesar 89,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik sangat tinggi terhadap pembelajaran berbasis Al-Qu’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Zulfahnum Zulfahnum
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:02
Last Modified: 11 Feb 2021 11:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15919

Actions (login required)

View Item View Item
TOP