Peran Pdam Tirta Mountala Dalam Menanggulangi Kebutuhan Air Bersih Di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar

Herilia, 160802126 (2020) Peran Pdam Tirta Mountala Dalam Menanggulangi Kebutuhan Air Bersih Di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Peran Pdam Tirta Mountala Dalam Menanggulangi Kebutuhan Air Bersih]
Preview
Text (tentang Peran Pdam Tirta Mountala Dalam Menanggulangi Kebutuhan Air Bersih)
Herilia, 160802126, FISIP, IAN, 082271616880.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Perusaan Daerah Air minum (PDAM) merupakan badan usaha milik pemerintah daerah, memiliki fungsi sebagai pelayanan untuk menghasilkan air bersih atau air minum bagi masyarakat. PDAM tersebar luas diseluruh Indonesia dan termasuk di Provinsi Aceh, yang berada di Kabupaten Aceh Besar salah satunya PDAM Tirta Mountala. PDAM kerap terjadi beberapa masalah seperti kekeringan pada saat musim kemarau. Hal tersebut dapat terjadi dimanapun seperti yang terjadi pada PDAM Tirta Mountala, beberapa waktu lalu terjadi kekeringan di Kecamatan Peukan Bada karena adanya musim kemarau berkepanjang dan menyebabkan embung Lambadek kering, sebagaimana yang disebutkan dalam Qanun Kabupaten aceh besar nomor 6 tahun 2015 pasal 1 yang bahwa wilayah tersebut dibawah tanggungjawab PDAM Tirta Mountala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran PDAM Tirta Mountala dalam menanggulangi kebutuhan air bersih di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan metode penelitian dengan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PDAM Tirta Mountala dalam menanggulangi air bersih dengan mobil tangki yang sumber airnya diambil dari cabang lain atau upaya melakukan proses buka tutup pemakaian bergiliran dengan mengambil sumber air dari Lambaroe. Hal ini dapat dikatakan bahwa PDAM menjalankan perannya dalam mejalankan tungasnya. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala lemahnya distribusi air bersih pada PDAM Tirta Mountala dalam menanggulangi kebutuhan air bersih yaitu faktor pertama terjadi musim kemarau berkepanjangan yang membuat debit air turun dan kekeringan. Faktor kedua adalah PDAM tidak bisa mengatasinya sendiri tanpa ada bantuan dari pemerintahan daerah selaku pemilik PDAM yang turun mengatasi masalah tersebut dalam penanggulangan air bersih pada saat terjadi kekeringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Penanggunglangan Air Bersih
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Herilia Herilia
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:52
Last Modified: 16 Feb 2021 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15920

Actions (login required)

View Item
View Item