Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V MIN 26 Aceh Besar

Jumrah Aini, 160209020 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jumrah Aini, 160209020, FTK, PGMI, 082167772671.pdf]
Preview
Text
Jumrah Aini, 160209020, FTK, PGMI, 082167772671.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MIN 26 Aceh Besar. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model dan media pendukung untuk menunjang hasil belajar siswa. Salah satu model dan media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu model Two Stay-Two Stray dan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk melihat aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray dan media Audio Visual pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 26 Aceh Besar 2) Untuk melihat aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray dan media Audio Visual pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 26Aceh Besar 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray dan mediaaudio visual pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dan instrumen penelitian ini yaitu: 1) Lembar observasi aktivitas guru 2) Lembar observasi aktivitas siswa 3) Post Test siswa. Analisis data pada penelitian menggunakan rumus deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa 1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 78,57% (Baik)dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,86% (Sangat Baik), 2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I memperoleh 75% (Baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,60% (Sangat Baik), 3) Hasil Post Test siswa pada siklus I memperoleh 46,87% dan pada siklus II memperoleh persentase 87,5%. Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jumrah Aini Jumrah
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:36
Last Modified: 22 Feb 2021 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item
View Item