Peran Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Kabupaten Simeulue

Yosi Febriwita, 150802111 (2020) Peran Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Yosi Febriwita, 150802111, FISIP, IAN, 082165517043...pdf]
Preview
Text
Yosi Febriwita, 150802111, FISIP, IAN, 082165517043...pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, terdapat delapan standar pendidikan, salah satunya adalah mutu tenaga pendidik atau guru. Kabupaten Simeulue merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang dikategorikan standar mutu tenaga pendidik guru yang masih rendah, seperti terdapat banyak guru yang belum memenuhi kualifikasi D4/S1 serta masih kekurangan tenaga pendidik atau guru sebanyak 600 orang. Dari uraian diatas, tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas guru di Kabupaten Simeulue perlu adanya peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas guru serta peran Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Simeulue melalui berbagai program-program peningkatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan telah berperan dalam meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Simeulue melalui program-program peningkatan kualifikasi dan peningkatan sertifikasi. Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue dalam mengatasi masalah yang ada telah melaksanakan program-program peningkatan kualitas guru, antara lain yaitu melaksanakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), kemudian untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue melaksanakan program Kelompok Kerja Guru (KKG). Selain masalah kualifikasi dan sertifikasi. Adapun program Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue untuk mengurangi kekurangan guru, yaitu dengan membuka lowongan tenaga pendidik atau guru kontrak daerah sebanyak 600 guru yang akan ditempatkan disejumlah sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Pendidikan, Kualitas, Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yosi Febriwita Yosi
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:50
Last Modified: 17 Feb 2021 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15936

Actions (login required)

View Item
View Item