Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Pada Siswa Sman 1 Lubuk Ingin Jaya Aceh Besar

Nabila Mulyanda, 160201111 (2021) Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Pada Siswa Sman 1 Lubuk Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Pada Siswa Sman 1 Lubuk Ingin Jaya Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Pada Siswa Sman 1 Lubuk Ingin Jaya Aceh Besar)
Nabila Mulyanda, 160201111, FTK, PAI, 085294446361.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Reward dan punishment menjadi bagian dari proses pembelajaran, kurangnya motivasi dalam belajar siswa menjadikan reward dan punishment sebagai alternatif guru PAI dalam memotivasi belajar siswa SMAN 1 Lubuk Ingin Jaya. Tujuan penelitian untuk melihat bentuk reward dan punishment dan proses memotivasi siswa melalui reward dan punishment tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian 3 guru Pendidikan Agama Islam dan 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Bentuk reward dan punishment meliputi: a) Reward verbal (berupa pujian, mengiyakan dan menyatakan sependapat terhadap argumen siswa), b) Reward non verbal (berupa pemberian alat tulis, buku, pulpen dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi siswa). Adapun punishment meliputi: a) Pemberian tugas (membaca buku dan menghafal ayat ataupun hadits), b) Membersihkan tempat ibadah, dan c) Membersihkan lingkungan sekolah. Adapun reward dilaksankan guru PAI sebelum masuk dalam proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran, baik proses pembelajaran kelompok maupun individual. Punishment juga dilakukan guru PAI dalam kelas dan di luar kelas, punishment diluar kelas berupa membersihkan tempat ibadah dan lingkungan sekolah, sementara untuk hukuman yang bersifat materi pembelajaran dilakukan guru dalam kelas setelah selesai pembelajaran. Sejauh ini penerapan reward dan punishment memberikan perubahan motivasi pada siswa berupa perubahan sikap, aktif dan lebih menghargai guru dan sesama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Mulyanda Nabila
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:34
Last Modified: 15 Feb 2021 07:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15947

Actions (login required)

View Item
View Item