Pembingkaian Berita Antara Citra Daerah Dan Serambi Indonesia Terkait Narkoba (Studi Pada Harian Serambi Indonesia Edisi Maret-Mei 2020)

Amelya Suhendra, 160401121 (2020) Pembingkaian Berita Antara Citra Daerah Dan Serambi Indonesia Terkait Narkoba (Studi Pada Harian Serambi Indonesia Edisi Maret-Mei 2020). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pembingkaian Berita Antara Citra Daerah Dan Serambi Indonesia Terkait Narkoba (Studi Pada Harian Serambi Indonesia Edisi Maret-Mei 2020))
Amelya Suhendra, 160401121, FDK, KPI, 082364729868 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembingkaian Berita Antara Citra Daerah Dan Serambi Indonesia Terkait Narkoba.” Konsep pembingkaian berita sangat sering digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dan realitas oleh media. Oleh sebab itu, media diyakini dapat secara efektif menjadi salah satu sarana menyampaikan berbagai informasi kepada khalayak masyarakat. Hal ini yang mendasari penulis meneliti tentang pemberitaan narkoba di Aceh pada media Serambi Indonesia yang menjadi media terpercaya dan kredibel yang sudah berkiprah sejak tahun 1967. Pemberitaan tentang Narkoba pada media cetak maupun online sudah menjadi konsumsi sehari-hari, berbagai daerah ramai memberitakan permasalahan narkoba, bahkan Aceh yang mendapat gelar Serambi Mekkah pun juga dijuluki sebagai daerah ladang ganja, sehingga muncul istilah Aceh darurat narkoba. Adapun yang menjadi permasalahan disini adalah: bagaimana citra daerah Aceh dalam pembingkaian berita narkoba pada harian Serambi Indonesia Edisi Maret sampai Mei 2020 ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat framing Zhongdan Pan dan Gerald M Konsicki yang menafsirkan peristiwa serta dihubungkan dengan rutinitas dan konvesi pembentukan citra, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penulis membaca, memahami, kemudian menganalisis isi tulisan pada media online Serambi Indonesia. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media online Serambi Indonesia menerbitkan 12 berita terkait narkoba di Aceh pada bulan Mei sampai Maret 2020. Dari 12 berita tersebut peneliti mengambil 5 berita yang dinilai cocok dan berhubungan dengan pencitraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian Berita, Citra, Daerah, Narkoba, Serambi Indonesia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amelya Suhendra
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:58
Last Modified: 15 Feb 2021 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item View Item
TOP