Identifikasi Tipe Sisik Ikan Laut Pada Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Referensi Praktikum Struktur Hewan

Fitriana, 150207050 (2021) Identifikasi Tipe Sisik Ikan Laut Pada Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Referensi Praktikum Struktur Hewan. Skripsi thesis, UIN A-raniry.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Tipe Sisik Ikan Laut Pada Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Referensi Praktikum Struktur Hewan)
Fitriana, 150207050, FTK, PBL, 081265020574 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe sisik ikan laut serta bentuk referensi praktikum Struktur Hewan terhadap tipe sisik ikan laut pada Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey eksploratif. Metode pengambil sampel secara Purposive Sampling, sampel yang sudah diambil tidak dilakukan pengulangan sampel pada spesies yang sama. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari 2020 di dua tempat, meliputi: pengambilan sampel di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kota Alam, Kuta Banda Aceh dan identifikasi tipe sisik ikan dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 21 spesies ikan laut yang terdiri dari 3 kelas yaitu Osteichytes, Actinopterygii, dan Condrichytes dari kelas tersebut memiliki 3 tipe sisik, yaitu cycloid (30.76%), ctenoid (61.53%), dan placoid (8%). Tipe sisik pada ikan laut yang terdapat di Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh didominasi oleh tipe ctenoid 61.53%. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai referensi praktikum Struktur Hewan berupa atlas, preparat dan modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 573 Sistem Fisiologi Spesifik pada Hewan, Histologi dan Fisiologi Regional pada Hewan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitriana Fitriana
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:09
Last Modified: 15 Feb 2021 10:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item View Item
TOP