Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Instalasi Penerengan Listrik di Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Ifan Safril Yusuf, 150211006 (2020) Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Instalasi Penerengan Listrik di Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Instalasi Penerengan Listrik di Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Ifan Safril Yusuf, 150211006, FTK, PTE, 082272745950.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Aktivitas Peserta didik pada metode belajar yang digunakan pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar, sehingga interaksi antara guru dan peserta didik berkurang yang berakibat peserta didik cepat bosan dan berkurangnya Aktivitas Peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk melihat aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran dengan Metode Proyek dan melihat Aktivitas peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Instalasi Penerangan Lisrik menggunakan metode proyek.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen yaitu quasy exprerimental research yang berbentuk single group posttest-only design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembaran pengamatan terhadap aktivitas guru. Lembar pengamatan aktivitas guru digunakan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Proyek pada setiap pertemuannya. Lembar pengamatan aktivitas peserta didik digunakan untuk melihat sejauh mana tingkat antusias peserta didik ketika pembelajaran dengan Metode Proyek berlangsung. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai total aktivitas guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Proyek adalah sebesar 83,3% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil total aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan Metode Proyek adalah sebesar 78,7% yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ifan Safril Yusuf
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:49
Last Modified: 16 Feb 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15967

Actions (login required)

View Item View Item
TOP