Metode Komunikasi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Memberikan Informasi Kepada Penerima Bantuan PKH Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Nurhapni, 160401018 (2020) Metode Komunikasi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Memberikan Informasi Kepada Penerima Bantuan PKH Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Metode Komunikasi Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Memberikan Informasi Kepada Penerima Bantuan Pkh Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)
Nurhapni, 16040018, FDK, KPI, 081376089986.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Komunikasi Pendamping Program Keluarga Harapan dalam Memberikan Informasi Kepada Penerima Bantuan PKH di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya”. Masalah penelitian ini, bantuan PKH seringkali menimbulkan efek konflik di tengah masayarakat, misal menimbulkan opini publik yang tidak jelas, miss communication, bahkan permasalahan terjadi adanya adu mulut sesama penerima PKH. Fenomena ini menjadi salah-satu faktor yang menyebabkan metode komunikasi yang digunakan pendamping PKH kemungkinan kurang efektif diterima masyarakat.Tujuan dalam penelitian ini pertama, untuk mengetahui metode komunikasi yang digunakan pendamping Program Keluarga Harapan terhadap masyarakat. Kedua, untuk mengetahui hambatan komunikasi yang dihadapi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap masyarakat. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan fenomena yang didapatkan dan dihasilkan di lokasi penelitian. Teknik Penelitian juga melakukan observasi langsung, foto dokumentasi, serta melakukan wawancara kebeberapa narasumber juga pendamping yang dianggap tepat dalam memberikan informasi Kesimpulan penelitian ini adalah adanya metode komunikasi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), yang menggunakan metode komunikasi informatif, metode komunikasi persuasif, dan metode komunikasi koersif. Hambatan komunikasi yang dihadapi pendamping PKH dalam menerapkan metode komunikasi terletak pada hambatan fisik, hambatan media, juga hambatan dari penerima PKH itu sendiri yaitu kurangnya keseriusan dari penerima PKH untuk mendengarkan pendamping ketika berkomunikasi serta mudahnya menerima pesan bukan dari pendamping PKH langsung. Oleh sebab itu, penulis menyarankan bagi penerima PKH agar lebih meningkatkan lagi perhatiannya dalam mendengarkan informasi dari pendamping PKH, bagi pendamping PKH untuk dapat menambah jadwal Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau disebut dengan rapat bulanan, bagi Pemerintah supaya lebih teliti lagi dalam menentukan penerima PKH ini, yang demikian dapat meminimalisirkan rasa kecemburuan sosial diantara masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode komuniasi, Pendamping PKH, Penerima PKH
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurhapni Nurhapni
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:42
Last Modified: 16 Feb 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item
TOP