Kebijakan Pemanfaatan Fungsi Tata Ruang di Kawasan Peunayong Kota Banda Aceh

Vina Octavira, 160802131 (2021) Kebijakan Pemanfaatan Fungsi Tata Ruang di Kawasan Peunayong Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Kebijakan Pemanfaatan Fungsi Tata Ruang  di Kawasan Peunayong Kota Banda Aceh]
Preview
Text (tentang Kebijakan Pemanfaatan Fungsi Tata Ruang di Kawasan Peunayong Kota Banda Aceh)
Vina Octavira, 160802131, FISIP, IAN, 082250234767.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemanfaatan tata ruang Kota Banda Aceh diatur dalam Qanun Kota Banda Aceh Nomor 2 Tahun 2018 tentang perubahan atas Qanun Nomor 4 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh Tahun 2009-2029. Dengan penetapan kawasan strategis, pada pasal 70 dijelaskan bahwa tahapan prioritas pertama meliputi rehabilitasi dan revitalisasi kawasan pusat kota lama sebagai pusat perdagangan, wisata kebudayaan dan keagamaan serta waterfront city di sepanjang kawasan tepi sungai Krueng Aceh dalam wilayah Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan secara normatif dan empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan agenda (agenda setting) yang dilakukan oleh para pembuat kebijakan publik adalah tindakan yang dipilih dan atau dilakukan oleh pemerintah kota Banda Aceh dengan tujuan untuk mengatasi masalah publik secara baik dan kompetitif di Kota Banda Aceh. Pelaksanaan kebijakan Qanun Nomor 2 tahun 2018 telah berjalan baik dan memberikan dampak positif pada masyarakat dengan melakukan legalitas bangunannya melalui perizinan, dan ini merupakan salah satu bentuk respon masyarakat terhadap implementasi kebijakan RTRW di kawasan Peunayong. Kesimpulan. RTRW di kawasan Peunayong, memberikan manfaat bagi wilayah karena dapat mewujudkan keterpaduan dan keserasian pembangunan wilayah kota dengan wilayah sekitarnya, dan menjamin terwujudnya tata ruang wilayah kota yang berkualitas. Implementasi dari kebijakan terhadap Qanun Nomor 2 Tahun 2018 ditinjau dari aspek lingkungan, sosial dan ekonomi telah mengedepankan peningkatan kualitas estetika sarana kehidupan kota yang nyaman, aman, serasi dan asri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan,Tata Ruang, Qanun.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vina Octavira Vina
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:21
Last Modified: 16 Feb 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item
View Item