Penerapan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal

Zulmairi, 150211025 (2020) Penerapan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal)
Zulmairi, 150211025, FTK, PTE, 081375342087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode Proyek dalam pelajaran produktif sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan siswa di SMK. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMK berada di bawah rata-rata. Ini disebabkan oleh guru yang kurang menerapkan berbagai metode dalam pelajaran, sehingga bepengaruh dengan kemampuan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik kelas XI SMKN 1 Darul Kamal melalui metode proyek pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode single group pretest posttest-only design. Data dikumpulkan melalui pretest, postest dan angket. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang dicapai pada pretes < postes (68,8 < 71,3). Setelah diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung = 5,02. Sedangkan ttabel diperoleh dengan menggunakan dk=n-2, dk=15-2=13 pada taraf signifikan 95%, yaitu 1,77. Sesuai dengan hipotesa awal penelitian ini bahwa, jika thitung> ttabel (5,02 > 1,77), maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMKN 1 Darul Kamal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hari Anna Lastya, ST., MT. Pembimbing II : Mursyidin, ST., MT.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Proyek, Peningkatan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Zurmairi Zurmairi
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:27
Last Modified: 18 Feb 2021 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15997

Actions (login required)

View Item View Item
TOP