Sistem Bagi Hasil Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar Perspektif Akad Syirkah Inān

Cut Nur Aidar J, 160102064 (2021) Sistem Bagi Hasil Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar Perspektif Akad Syirkah Inān. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Sistem Bagi Hasil Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar Perspektif Akad Syirkah Inān]
Preview
Text (Sistem Bagi Hasil Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar Perspektif Akad Syirkah Inān)
Cut Nur Aidar, 160102064, FSH, HES, 085362739838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bagi hasil adalah suatu sistem pemanfaatan dana dalam perekonomian Islam yakni pembagian hasil usaha antara pemilik modal dan pengelola. Pada penerapannya, akad yang digunakan dalam sistem bagi hasil pada kerjasama ini adalah akad syirkah inān, akad ini banyak dipraktikkan di masyarakat dan salah satunya pada usaha peternakan ayam broiler di Desa Lhieb. Pada praktiknya, terdapat keterkaitan antara konsep syirkah inān dengan sistem bagi hasil yang diterapkan pada kerjasama ini namun juga masih terdapat beberapa kekeliruan seperti modal yang diberikan oleh masing-masing pihak tidak ditetapkan atau disebutkan secara jelas besaran nilainya pada saat akad dan tidak jelasnya nisbah terkait pembagian keuntungan. Sedangkan dalam konsep syirkah inān haruslah transparan, tidak mengandung riba, gharar, dan sebagainya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk perjanjian kerjasama pada usaha peternakan ayam broiler di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar, bagaimana konsep bagi hasil dan pertanggungan resiko dalam kerjasama pada usaha peternakan ayam broiler di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar, serta bagaimana perspektif akad syirkah inān terhadap sistem bagi hasil pada usaha peternakan ayam broiler di Desa Lhieb Kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu metode untuk menganalisa dan memecah masalah yang terjadi pada masa sekarang berdasarkan gambaran yang dilihat dan didengar langsung dari lapangan serta hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem bagi hasil yang dipraktikkan pada kerjasama antara peternak dengan PT. Karya Semangat Mandiri berbeda dengan PT. Indojaya Agrinusa dan belum sepenuhnya sesuai dengan konsep syirkah inān, karena harga kontrak ditetapkan sebelum pengelolaan ayam dilakukan sehingga tidak jelasnya persentase untung rugi bagi peternak karena tidak jelasnya harga pasar pada saat ayam dipanen. Sedangkan pihak perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang tetap sesuai dengan harga kontrak yang telah ditetapkan pada awal kerjasama.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Saifuddin, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Edi Yuhermansyah, S.HI., LLM
Uncontrolled Keywords: Sistem Bagi Hasil, Peternakan Ayam Broiler, Akad Syirkah Inān
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Nur Aidar J Aidar
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:45
Last Modified: 25 Feb 2021 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item
View Item