Urgensi Pembukaan Program Layanan Informasi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi (Studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Hesti Winda Sari, 150402002 (2020) Urgensi Pembukaan Program Layanan Informasi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi (Studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Urgensi Pembukaan Program Layanan Informasi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi (Studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)]
Preview
Text (Urgensi Pembukaan Program Layanan Informasi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi (Studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh))
Hesti Winda Sari, 150402002, FDK, BKI, 082256656753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pentingnya layanan informasi dalam meningkatkan minat mahasiswa melanjutkan studi. Adapun yang menjadi titik permasalahan dalam kajian skripsi ini adalah kurangnya minat mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Islam untuk melanjutkan studi, setiap tahunnya ada sekitar 120 mahasiswa yang melanjutkan studi Strata satu namun bertolak belakang pada minat mahasiswa melanjutkan studi Strata dua. Fokus masalah disini adalah pentingnya layanan informasi untuk meningkatkan minat mahasiswa melanjutkan studi serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kurangnya minat mahasiswa melanjutkan studi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan pengempulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Sumber data adalah Ketua Prodi Bimbingan Konseling Islam,Dosen Prodi Bimbingan Konseling Islam yang juga sebagai alumni berjumlah dua orang serta mahasiswa Bimbingan Konseling Islam semester delapan berjumlah enam orang. Setelah mendapat data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor kurangnya minat mahasiswa melanjutkan studi pertama keterbatasan ekonomi dari orang tua yang menyebabkan kurangnya minat mahasiswa melanjutkan studi, Kedua kurangnya motivasi dari orang tua kepada mahasiswa untuk melanjutkan studi ketiga, faktor kemauan dari diri sendiri, arti penting pendidikan hanya sebatas pengetahuan saja tetapi tidak direalisasikan dengan terus belajar dan melanjutkan studi Keempat Faktor kurangnya informasi, faktor kurangnya minat mahasiswa melanjutkan studi adalah kurangnya informasi tentang perguruan tinggi, dan informasi beasiswa yang bisa menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa untuk melanjutkan studi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Minat, Melanjutkan Studi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hesti Winda Sari
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:03
Last Modified: 19 Feb 2021 02:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item
View Item