Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Representasi Majemuk Menggunakan Metode What’s Another Way Pada Materi Suhu dan Kalor Di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh

Desy Shafira Siahaan, 160204048 (2021) Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Representasi Majemuk Menggunakan Metode What’s Another Way Pada Materi Suhu dan Kalor Di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Representasi Majemuk Menggunakan Metode What’s Another Way Pada Materi Suhu dan Kalor Di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Representasi Majemuk Menggunakan Metode What’s Another Way Pada Materi Suhu dan Kalor Di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh)
Desy Shafira Siahaan, 160204048, FTK, PFS, 085270519524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian yang telah dilakukan, peserta didik mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika, khususnya pada representasi majemuk. Peserta didik tidak dapat menerapkan konsep dengan bentuk representasi yang berbeda dari representasi sebelumnya, maka dari itu perlu diambil tindakan berupa pemecahan masalah yaitu dengan metode what’s another way. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika dengan representasi majemuk menggunakan metode what’s another way pada materi suhu dan kalor di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian berjumlah 5 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes soal dan wawancara, kemudian hasil data tersebut dianalisis menggunakan tahapan what’s another way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh peserta didik mengalami kesulitan pada tingkat II (merencanakan penyelesaian masalah), tingkat III (penyelesaian masalah), tingkat IV (memeriksa kembali), dan tingkat V (refleksi), sedangkan untuk kesulitan tingkat I yaitu memahami masalah seluruh peserta didik tidak ada yang mengalami masalah. Oleh karena itu kesulitan peserta didik dapat dikelompokkan kedalam indikator kesulitan dalam menerapkan prinsip dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut dapat terjadi adalah keliru dalam menggunakan rumus, keliru pada perhitungan matematis, tidak melakukan konversi satuan, salah dalam penulisan simbol, dan tidak melakukan pengecekan ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Soewarno S, M.Si. 2. Muhammad Nasir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Peserta Didik, Representasi Majemuk, Metode What’s Another Way, Suhu dan Kalor.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Desy Shafira Siahaan
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:29
Last Modified: 19 Feb 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16026

Actions (login required)

View Item
View Item