Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye

Sri Windayani, 160204082 (2021) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik)
Sri Windayani,160204082, FTK, PFS, 082276102067.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada pendidik, metode yang diterapkan masih metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Pembelajarannya belum melibatkan keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Pesawat Sederhana di SMP Negeri 3 tanah Jambo Aye. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode Pra-Eksperimen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test dan Post-test Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye tahun ajaran 2020-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII/5 dengan jumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen soal dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan KPS dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Pesawat sederhana dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh 32,55 > 1,71 untuk taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan pendekatan KPS dapat meningkatan belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana di SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Isa. M. Si 2.Fera Annisa, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Pesawat Sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sri Windayani
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:06
Last Modified: 19 Feb 2021 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item
View Item