Penerapan Model Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Jeli Sarni, 150209026 (2020) Penerapan Model Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Think Pair and Share Untuk Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  Pada  Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Jeli Sarni, 150209026, FTK, PGMI, 082168643106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa menunjukkan masih terdapat kekurangan pada kegiatan pembelajaran, seperti kurangnya dalam menggunakan model pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk memotivasikan siswa belajar. Sehingga, siswa tidak dapat menumbuhkan keingintahuannya terhadap apa yang dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sebuah tindakan yaitu dengan menerapkan model Think Pair and Share. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Think Pair and Share pada pembelajaran tematik di MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas IVa dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (70,68%) termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II kemampuan guru terus meningkat menjadi (88,33%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (68,51%) dalam kategori baik dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu (90,83%) termasuk dalam kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata (69,41%) termasuk kategori baik, namun secara klasikal belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi (85,30%) termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair and Share dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M. Pd Pembimbing II : Raihan Permata Sari, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair and Share, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jeli Sarni Jeli
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:01
Last Modified: 19 Feb 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16039

Actions (login required)

View Item
View Item