Bimbingan Akhlak pada Remaja di Desa Mureu Ulee Titi Kecamatan Indrapuri Aceh Besar (Studi Komparatif pada Ibu yang Bekerja dan Tidak Bekerja.

Marhaz Zikri, 150201140 (2021) Bimbingan Akhlak pada Remaja di Desa Mureu Ulee Titi Kecamatan Indrapuri Aceh Besar (Studi Komparatif pada Ibu yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Bimbingan Akhlak pada Remaja di Desa Mureu Ulee Titi Kecamatan Indrapuri Aceh Besar (Studi Komparatif pada Ibu yang Bekerja dan Tidak Bekerja.]
Preview
Text (Bimbingan Akhlak pada Remaja di Desa Mureu Ulee Titi Kecamatan Indrapuri Aceh Besar (Studi Komparatif pada Ibu yang Bekerja dan Tidak Bekerja.)
Marhaz Zikri, 150201140, FTK, PAI, 082166217267.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan masalah “Bimbingan Akhlak pada Remaja Di Desa Mureu Ulee Titi Kecamatan Indrapuri Aceh Besar (Studi Komparatif pada Ibu yang Bekerja Dan Tidak Bekerja)”. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana akhlak remaja yang ibunya bekerja dan ibunya tidak bekerja di Desa Mureu Ulee Titi, bagaimana bimbingan akhlak pada remaja yang ibunya bekerja dan tidak bekerja di Desa Mureu Ulee Titi, dan apa saja kendala-kendala ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja dalam membimbing akhlak remaja di Desa Mureu Ulee Titi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akhlak remaja yang ibunya bekerja dan ibunya tidak bekerja di Desa Mureu Ulee Titi, bimbingan akhlak pada remaja yang ibunya bekerja dan tidak bekerja di Desa Mureu Ulee Titi, dan kendala-kendala ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja dalam membimbing akhlak remaja di Desa Mureu Ulee Titi. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dan Komperatif, metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang memaparkan masalah yang terjadi dengan menggunakan data primer dan sekunder. Dan komperatif yaitu membandingkan dua persamaan dan perbedaan fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diteliti berdasarkan pemikiran tertentu. Sedangkan untuk pengumpulan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan telaah pustaka (Library Research) yaitu penulis menelaah buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan skripsi ini dan penelitian lapangan (Field Research) yaitu terjun ke lapangan secara langsung pada objek penelitian dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian lapangan dapat diketahui bahwa akhlak remaja di Desa Mureu Ulee Titi sebagian besar telah mempraktikkan akhlak yang baik, namun akhlak remaja yang ibunya bekerja lebih baik dan terkontrol dibandingkan dengan akhlak remaja yang ibunya tidak bekerja. Dalam bimbingan akhlak kepada remaja ibu yang bekerja dan yang tidak bekerja sudah melakukan bimbingan kepada remaja dengan berbagai metode yang bervariasi. Namun dalam bimbingan tersebut masih menghadapi berbagai kendala yaitu adanya pengaruh pergaulan dan teknologi, kurangnya pemahaman orang tua tentang bimbingan akhlak yang baik, dan juga kurangnya teladan yang diberikan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marhaz Zikri Marhazz
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:56
Last Modified: 05 Mar 2021 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item
View Item