Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Covid-19

Agustiana Saif, 160204042 (2021) Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Covid-19. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Covid-19]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Covid-19)
Agustiana Saif, 160204042, FTK, PFS, 082277675511..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketidakmampuan mahasiswa Pendidikan fisika yang melaksanakan PPL pada masa covid-19 dalam mengembangkan seluruh pengetahuan tentang kependidikan yang dimiliknya secara langsung kelingkungan sekolah. Ketidakmampuan tersebut yaitu dalam menerapkan kompetensi pedadogik yang merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan mahasiswa PPL Pendidikan Fisika dalam menerapkan kompetensi pedadogik pada masa covid-19 tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang melaksanakan PPL pada masa covid-19 tahun ajaran 2019/2020 di SMA yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 33 butir pernyataan. Data yang diperoleh dari angket dilakukan analisis data berupa persentase jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PPL dalam menerapkan kompetensi pedadogik pada masa covid-19 rata-rata termasuk dalam kriteria menguasai (78,92%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa pendidikan Fisika dalam melaksanakan PPL pada masa covid-19 di SMA tahun ajaran 2019/2020 sudah baik dalam menguasai kompetensi pedadogik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Agustiana Saif Nana
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:44
Last Modified: 22 Feb 2021 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16046

Actions (login required)

View Item
View Item