Perlindungan Terhadap Karya Seni dari Duplikasi dalam Perspektif Hak Ibtikar (Studi Analisis Terhadap Pemahaman Pedagang VCD Pasar Aceh Tentang Pembajakan dan Konsekuensinya Pada Barang Komersil)

Reni Amalia Bachtiar, 140102095 (2020) Perlindungan Terhadap Karya Seni dari Duplikasi dalam Perspektif Hak Ibtikar (Studi Analisis Terhadap Pemahaman Pedagang VCD Pasar Aceh Tentang Pembajakan dan Konsekuensinya Pada Barang Komersil). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perlindungan Terhadap Karya Seni dari Duplikasi dalam Perspektif Hak Ibtikar (Studi Analisis Terhadap Pemahaman Pedagang VCD Pasar Aceh Tentang Pembajakan dan Konsekuensinya Pada Barang Komersil)]
Preview
Text (Perlindungan Terhadap Karya Seni dari Duplikasi dalam Perspektif Hak Ibtikar (Studi Analisis Terhadap Pemahaman Pedagang VCD Pasar Aceh Tentang Pembajakan dan Konsekuensinya Pada Barang Komersil))
Reni Amalia Bachtiar, 140102095, FSH,HES,085212554769.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sering terjadinya perilaku dublikasi terhadap karya seni oleh para pedagang VCD di pasar Aceh tentu tidak bisa dilepaskan dari pemahaman para pedagang akan dasar hukum perbuatan tersebut terutama jika dikaji pada aspek hak ibtikar. Rumusan masalah penelitian ini ialah pertama, bagaimana tingkat pemahaman pedagang Pasar Aceh tentang pembajakan dan konsekuensinya pada barang komersil ? Kedua, bagaimana perlindungan terhadap VCD dari duplikasi dalam Perspektif Haq al-Ibtikar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman pedagang Pasar Aceh tentang pembajakan dan konsekuensinya pada barang komersil dan untuk mengetahui perlindungan terhadap VCD dari duplikasi dalam Perspektif Haq al-Ibtikar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan studi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemahaman pedagang VCD terhadap pembajakan atau duplikasi hak cipta sudah baik, yang ditandai dengan pehaman pedagang akan sanksi-sanksi hukum bagi pelaku duplikasi tersebut. Tidak hanya dari segi hukum kenegaraan, melainkan juga memahami akan hukum Islam terhadap perilaku tersebut. Namun, implementasi terhadap pemahaman tersebut belum ada sehingga masih terdapat sebagian pedagang yang melakukan pembajakan terhadap hak cipta VCD. Kedua, perlindungan terhadap hak cipta ini dilakukan oleh penegak hukum dengan beberapa cara di antaranya dengan melakukan razia, memberlakukan undang-undang yang berlaku untuk menindak tegas bagi pelaku pembajakan hak cipta VCD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misran, S.Ag., M.Ag Pembimbung II : Muhammad Syuib, S.H.I., M.H., M.Leg.St.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Karya Seni, Duplikasi, Hak Ibtikar.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Reni Amalia Bachtiar Reni
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:15
Last Modified: 12 Mar 2021 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item
View Item