Materialisme Dalam Konsepsi Murtadha Muthahhari

Teuku Murdani, 140301033 (2019) Materialisme Dalam Konsepsi Murtadha Muthahhari. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Materialisme Dalam Konsepsi Murtadha Muthahhari]
Preview
Text (Materialisme Dalam Konsepsi Murtadha Muthahhari)
Teuku Murdani, 140301033, FUF, AFI, 082237145718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materialisme merupakan sebuah pemahaman yang menganggap bahwa kenyataan yang sesungguhnya adalah benda atau materi, dan kenyataan ini diacukan untuk menjawab sejumlah persoalan kehidupan yang berhubungan dengan sifat dan wujud dari keberadaan segala sesuatu. Masalah yang diangkat dan diteliti oleh penulis dalam penelitian ini adalah tentang Materialisme Dalam Konsepsi Murtadha Muthahhari. Materialisme pada dasarnya adalah sebuah filsafat ataupun cara pandang dunia barat dalam melihat dan menjelaskan realitas dan hakikat segala sesuatu hanya pada materi. Pemahaman ini membawa beberapa dampak dan pengaruh negatif dalam beberapa aspek kehidupan. Pengaruh ini bisa dilihat dari gaya hidup masyarakat modern yang cenderung hedonis dan pragmatis. Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang konsepsi materialisme di dalam dunia barat dan kerancuannya serta menjelaskan kritikan terhadap materialisme dari pemikiran Murtadha Muthahhari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research) dengan pendekatan filosofis, metode analitis interpretatif dan tinjauan historis.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah menurut Muthahhari, pada dasarnya semua manusia adalah materialisme karena menganggap materi sebagai realitas dalam ruang dan waktu dan dapat diserap oleh panca indra sebagai realitas objektif yang ada secara eksternal. Menjadi materialis dalam konsep dan pengertian ini tidak bertolak belakang dengan konsep Tuhan dalam kepercayaan monoteisme. Sebaliknya, dunia materi yang dapat diamati dan alam sebagai produk ciptaan Tuhan merupakan sarana terbaik untuk mengenal Tuhan. Adapun krtitik Muthahhari terhadap pemikiran materialisme adalah tentang Tuhan, moral dan Marxisme, yang dianggap sebagai pemikiran tanpa dasar dan kaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Teuku Murdani
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:01
Last Modified: 22 Feb 2021 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item
View Item