Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Islami Pada Materi Cahaya di Sma/Ma

Nailatul Uhya, 150205077 (2021) Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Islami Pada Materi Cahaya di Sma/Ma. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Islami Pada Materi Cahaya di Sma/Ma)
Nailatul Uhya,10204077,FTK,PFS,081263978692.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan guru fisika diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran, modul yang digunakan sebagai sumber belajar hanya memuat materi-materi tentang ilmu pengetahuan kurang menggunakan modul yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun dengan nilai-nilai keislaman. Meninjak lanjuti masalah tersebut maka diperlukan modul yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dan diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini adalah membuat modul pembelajaran fisika berintegrasi islami pada materi cahaya untuk SMA/MA, penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah penelitian ADDIE yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan lembar validasi untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan empat kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif (data naratif) dari ahli media, ahli agama, dan ahli materi, serta data keterbacaan modul oleh siswa kemudian mengubahnya menjadi data kuantitatif (data terukur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berintegrasi islami ini menurut ahli materi mendapatkan kelayakan dengan kategori sangat layak, menurut ahli media mendapatkan kelayakan dengan kategori layak, dan menurut ahli agama mendapatkan kelayakan dengan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase kelayakan untuk kelayakan modul menurut masing-masing penilai yaitu ahli materi sebesar 86.11%, ahli media sebesar 73.08%, dan ahli agama sebesar 84.38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailatul Uhya Naila
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:28
Last Modified: 22 Feb 2021 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item
TOP