Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Momentum dan Impuls

Lestari, 150204055 (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Momentum dan Impuls. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Momentum Dan Impuls)
Lestari, 150204055, FTK, PFS, 085270565682.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh LKPD yang digunakan saat proses belajar mengajar di sekolah masih menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik yang ada dalam buku pelajaran, belum pernah mengembangkan LKPD khusus berbasis Guided Discovery Learning pada materi Momentum dan Impuls. LKPD yang digunakan terlihat kurang menarik. Sehingga, proses pembelajaran kurang aktif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis Guided Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui tingkat kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Guided Discovery Learning pada materi Momentum dan Impuls. (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Guided Discovery Learning pada materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembanggan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan modifikasi tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu, analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan validasi produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket, dengan 4 skala kategori. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Guided Discovery Learning pada materi momentum dan impuls sangat layak digunakan untuk proses belajar mengajar berdasarkan validator, dengan persentase kelayakan media 93,06%, kelayakan isi 90,00% dan kelayakan bahasa 89,29%. (2) Respon peserta didik menunjukkan hasil jumlah rata-rata persentase adalah 81,03% yang termasuk dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Guided Discovery Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lestari Lestari
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:12
Last Modified: 22 Feb 2021 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item
TOP