Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an Pada Materi Asam Basa Di MAN 5 Aceh Besar

Irsalina, 150208021 (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an Pada Materi Asam Basa Di MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Irsalina, 150208021, FTK, PKM, 0825261903935 (4).pdf]
Preview
Text
Irsalina, 150208021, FTK, PKM, 0825261903935 (4).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://repository.ac.id

Abstract

Bahan ajar menjadi sumber penting untuk menunjang prosespembelajaran. Adanya bahan ajar sekarang ini menjadi penghubung antara guru dan siswa dimana guru saat ini berperan sebagai fasilitator, sehingga penggunaan bahan ajar dapat menjembatanin pemasalahan keterbatasan daya serap siswa dan kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran di kelas. Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu bentuk dari kegiatan proses pembelajaran untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran yang sedang berlangsung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada MAN 5 Aceh diketahui bahwa guru hanya menggunakan buku paket dari dinas pendidikan dalam proses pembelajaran, tanpa mengaitkan bahan ajar dengan Al-Qur'an sehingga siswa belum mengetahui bahwa ilmu kimia yang meraka pelajari terutama pada materi asam basa memiliki hubungan erat dengan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan modul, respon guru dan peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis al-quran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 84,4%, hal ini menunjukkan bahwa modul berbasis al-quran pada materi asam basa dapat digunakan dengan kriteria sangat valid. Persentase yang diperoleh dari respons guru 68,18% sangat setuju, 27,27% setuju, dan 4,54%ragu-ragudengan kategori sangat baik, sedangkan persentase yang diperoleh dari respon peserta didik sebesar 60% sangat setuju, 37,5% setuju, dan 2,5% ragu-ragu dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan modul pembelajaran yang dikembangkandi MAN 5 Aceh Besar sangat valid, dan hasil respon guru sangat baik serta hasil respon peserta didik baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurbayani, MA Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul, pembelajaran, berbasis, al-quran
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Irsalina Irsalina
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:17
Last Modified: 22 Feb 2021 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item
View Item