Kompetensi Da’i Sesuai Harapan Mad’u Pada Masyarakat Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan

Rahma Setia, 140402061 (2019) Kompetensi Da’i Sesuai Harapan Mad’u Pada Masyarakat Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kompetensi Da’i Sesuai Harapan Mad’u Pada Masyarakat Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan)
Rahma Setia, 140402061, FDK, BKI, 082215238716 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kompetensi Da’i Sesuai Harapan Mad’u Pada Masyarakat Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan”, penelitian ini memaparkan tentang kompetensi da’i dalam menyampaikan dakwah agar mad’u memperoleh pengetahuan dari pesan yang disampaikan, Penelitian ini mengangkat masalah tentang kompetensi da’i pada masyarakat di Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, dan apakah kompetensi da’i sudah sesuai dengan harapan mad’u di Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi da’i pada masyarakat Desa Ujung Padang, untuk mengetahui harapan mad’u terhadap kompetensi da’i di Desa Ujung Padang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, subjek dalam penelitian ini 13 mad’u. Teknik pengumpulan data dalam peniliti ini dilakukan melalui observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi da’i yang terdapat di Desa Ujung Padang dapat diklasifikasi antara lain yaitu kompetensi personal, kompetensi subtansial dan kompetensi metodologis. Dilihat dari kompetensi personal yang dimiliki oleh da’i di Desa Ujung Padang sudah tergolong baik seperti aspek kecerdasan, sifat dan moral. Dilihat dari kompetensi subtansif da’i di Desa Ujung Padang juga sudah baik, baik dilihat dari aspek pengetahuan yang luas, memahami agama Islam secara komprehensif dan menguasai materi. Begitu juga dari segi metodologis para da’i yang ada di Desa Ujung Padang juga memperlihatkan kompetensi yang baik yang ditandai dengan menyampaikan dakwah tanpa menggunakan teks melainkan secara langsung sebagai bukti pengetahuan da’i yang luas tentang agama Islam. Harapan Mad’u terhadap kompetensi da’i di Desa Ujung Padang agar da’i memiliki kompetensi yang baik saat melakukan dakwah dan bisa melihat kebutuhan mad’u. Kompetensi yang diharapkan berupa pengetahuan yang luas serta teknik penyampaian dakwah dapat menarik mad’u untuk terus menginginkan mendengarkan dakwah yang disampaikan oleh da’i hingga selesai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Da’i, Mad’u.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rahma Setia
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:28
Last Modified: 23 Feb 2021 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16076

Actions (login required)

View Item View Item
TOP