Pengelolaan OSIM dalam Pembinaan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar

Almunadia Sarah, 160206076 (2020) Pengelolaan OSIM dalam Pembinaan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan OSIM dalam Pembinaan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengelolaan OSIM dalam Pembinaan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar)
Almunadia Sarah, 160206076, FTK, MPI, 082370817278.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja merupakan permasalahan yang sering kali ditemukan di dunia pendidikan, contohnya: sering bolos sekolah, merokok, tawuran, berkelahi dengan teman, saling membuli, menonton video dewasa, balapan liar dan lain-lain. Oleh sebab itu sangat diperlukan pengelolaan terhadap OSIM, karena OSIM merupakan wadah bagi siswa untuk belajar tentang kepemimpinan dan berorganisasi. Sehingga karakter dapat dibina melalui tutor sebaya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan, menguraikan dan menemukan strategi OSIM dalam pembinaan karakter kepemimpinan peserta didik di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskiptif, subjek penelitian adalah waka kesiswaan, pembina OSIM dan pengurus OSIM. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pengelolaan OSIM dalam pembinaan karakter kepemimpinan peserta didik meliputi: merencanakan kegiatan OSIM, melaksanakan kegiatan OSIM, mengevaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Dan menindaklanjuti hasil kegiatan OSIM dengan menyelenggarakan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar, pramuka, paskibraka, dan Masa Ta’aruf Siswa. (2) Hambatan OSIM dalam pembinaan karakter kepemimpinan ialah kemauan dari siswa/i untuk bergabung dalam organisasi sudah sangat berkurang. (3) Strategi OSIM dalam pembinaan karakter kepemimpinan peserta didik meliputi: Membuat program kegiatan OSIM, melakukan pendekatan dengan warga sekolah agar memudahkan dalam berkomunikasi, dan pemberian sanksi bagi siswa/i yang tidak mematuhi atauran yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perancangan dan pelaksanaan program LKD oleh OSIM telah mampu membina karakter kepemimpinan peserta didik, hal ini telah mengurangi kenakalan remaja yang terjadi disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Lailatussaadah, M.Pd Pembimbing 2 : Dra. Cut Nya Dhin., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan OSIM, Karakter Kepemimpinan, Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Almunadia Sarah
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:37
Last Modified: 24 Feb 2021 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item
View Item