Mekanisme Jual Beli Padi Pasca Panen Dengan Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah di Kecamatan Darussalam Aceh Besar Menurut Hukum Islam (Studi Implementasi Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah Pada Penetapan Harga Jual di Kilang Padi).

Nila Kausari, 160102110 (2020) Mekanisme Jual Beli Padi Pasca Panen Dengan Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah di Kecamatan Darussalam Aceh Besar Menurut Hukum Islam (Studi Implementasi Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah Pada Penetapan Harga Jual di Kilang Padi). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Mekanisme Jual Beli Padi Pasca Panen Dengan Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah di Kecamatan Darussalam Aceh Besar Menurut Hukum Islam (Studi Implementasi Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah Pada Penetapan Harga Jual di Kilang Padi).)
Nila Kausari, 160102110, FSH, HES, 085225956963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik jual beli padi yang menunda penetapan harga ketika transaksi jual beli dilakukan, banyak dipraktikkan oleh sebagian petani di Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Pada praktiknya pihak kilang padi memberikan dua tawaran kepada petani, yaitu ditetapkannya harga ketika transaksi berlangsung atau di kemudian hari. Kebanyakan dari petani memilih untuk ditetapkan harga di kemudian hari karena berharap akan naik pada saat itu. Pihak kilang padi langsung mengolah padi yang dititipkan oleh petani walaupun harganya belum ditetapkan. Permasalahan pada penelitian ini yaitu implementasi akad Wadi‟ah yad Dhamanah pada penetapan harga terhadap jual beli padi pasca panen yang dipraktikkan oleh sebagian petani di Kecamatan Darussalam Aceh Besar dan juga perspektif hukum Islam terhadap penetapan harga yang ditetapkan oleh pihak kilang padi pada pembelian padi dari petani yang dititipkan ke kilang. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu data yang diteliti tentang penetapan harga yang dilakukan oleh pihak kilang di Kecamatan Darussalam dan keadaan objek penelitian. Kemudian hasil dari data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research) dan pengumpulan data melalui proses wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, praktik jual beli padi yang menunda penetapan harga ketika transaksi dilakukan tidak sesuai dengan hukum Islam, karena mengandung unsur gharar. Praktik jual beli ini dilarang karena akan mendhalimi salah satu pihak. Baik itu dari pihak petani atau pihak kilang padi. Sebaiknya petani dan pihak kilang padi tidak melakukan lagi praktik jual beli yang tidak menetapkan harga ketika transaksi dilakukan. Agar esensi dari jual beli yang bertujuan untuk saling tolong menolong antara sesama manusia dapat terwujud. Sehingga tidak menimbulkan kemudharatan dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. Pembimbing II : Iskandar, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Jual Beli, Akad Wadi‟ah Yad Dhamanah, Penetapan Harga, dan Hukum Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.234 Wadi'ah (Menitipkan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nila Kausari Nila
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:55
Last Modified: 24 Feb 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item
TOP