Efektivitas Teknik Self Management Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh

Sri Muliana, 160213098 (2021) Efektivitas Teknik Self Management Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Teknik Self Management Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Teknik Self Management Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh)
Sri Muliana, 160213098, FTK, BK, 082167765916.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik pada remaja merupakan kecenderungan seseorang untuk menunda-nunda pekerjaan atau menyelesaikan tugas dalam ranah pendidikan yang dilakukan secara berulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Individu yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik memiliki kebiasaan menunda dalam menyelesaikan tugas sehingga menimbulkan keterlambatan dan kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual serta menggunakan waktu yang dimiliki untuk melakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Penelitian bertujuan mengetahui teknik self management efektif mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran angket skala likert kepada siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh. Teknik analisis menggunakan uji normalitas shapiro wilk dan uji T paired samples t-test. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh berjumlah 59 siswa, sedangkan sampel sebanyak 6 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan teknik self management memiliki signifikansi terhadap prokrastinasi akademik siswa yang ditandai dengan perubahan skor rata-rata pretest sebesar 120,8333 menjadi 77,1667 pada posttest dan selisih antara keduanya 43,6667 artinya, terjadi penurunan pada prokrastinasi akademik siswa setelah diberi perlakuan menggunakan teknik self management. Penelitian menunjukan teknik self management efektif untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sri Muliana Sri
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:15
Last Modified: 22 Feb 2021 05:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item
View Item