Penerapan Konseling Realitas Dalam Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa di SMA N 4 Banda Aceh

Mahdayani, 160213101 (2021) Penerapan Konseling Realitas Dalam Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa di SMA N 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Konseling Realitas Dalam Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa di SMA N 4 Banda Aceh)
Mahdayani, 160213101, FTK, BK, 085268385064.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku terisolir pada remaja merupakan individu yang dijuahi atau ditolak dalam suatu kelompok. Perilaku terisolir memiliki sikap minder tidak dapat melakukan sosialisasi dengan baik sehingga sulit menyesuaikan diri. Individu yang memiliki perilaku terisolir akan cenderung pasif dalam berinteraksi dan beraktivitas tanpa melibatkan orang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui konseling realitas untuk mengatasi perilaku terisolir pada siswa SMAN 4 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode Eksperimental One Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian yaitu 5 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala likert dengan melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan konseling realitas memiliki nilai signifikansi terhadap perilaku terisolir siswa ditandai dengan perubahan skor rata-rata pretest sebesar 91.60 menjadi 122.00 pada rata-rata posttest dan selisih diantara keduannya 30.400 artinya terjadi perubahan pada perilaku terisolir siswa setelah melakukan konseling realitas. Kesimpulan penelitian menunjukkan konseling realitas dapat mengatasi perilaku terisolir siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mahdayani Mahdayani
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:14
Last Modified: 22 Feb 2021 05:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item
TOP