Pengembangan Game Edukasi Kimia Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren

Saleh Adli, 160208011 (2021) Pengembangan Game Edukasi Kimia Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi Kimia Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren]
Preview
Text (Pengembangan Game Edukasi Kimia Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren)
Saleh Adli, 160208011, FTK, PKM, 082237623738.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan game edukasi kimia pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren dilatarbelakangi oleh beberapa masalah dalam proses pembelajaran, seperti kejenuhan dan kebosanan yang dialami oleh peserta didik saat proses pembelajaran di kelas, keterbatasan media pembelajaran kimia di sekolah ini, serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan dan membuat media pembelajaran yang terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran game edukasi kimia, respon peserta didik dan respon guru terhadap game edukasi kimia pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Blangkejeren. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA, dengan sampel yaitu peserta didik kelas X MIA 1 sebanyak
15 orang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Sugiyono dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon peserta didik dan guru. Pengembangan game edukasi kimia pada materi struktur atom dirancang menggunakan software role-playing game (RPG) maker MV. Software ini sangat memudahkan peneliti dalam merancang game edukasi kimia dan game dapat dimainkan di ponsel pintar. Hasil penelitian yang diperoleh dari validator I (ahli media) sebesar 73.75 %, validator II (ahli materi) sebesar 96.25
%, validator III (ahli materi) sebesar 100 % dengan rata-rata persentase total sebesar 90 % dan dapat dikategorikan sangat valid. Hasil yang diaplikasikan langsung ke peserta didik sebesar 95,33% tergolong dalam kategori sangat baik dan guru sebesar 100 % yang dikategorikan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukasi kimia pada materi struktur atom sangat valid dan layak digunakan di SMA Negeri 1 Blangkejeren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Saleh Adli Adli
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:53
Last Modified: 02 Mar 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item
View Item