Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di SMA Negeri 2 Meulaboh

Meri Dayanti, 160208026 (2021) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di SMA Negeri 2 Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier di SMA Negeri 2 Meulaboh)
Meri Dayanti, 160208026, FTK, PKM, 08116880668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang miskonsepsi ini merupakan kesalahpahaman dalam memahami konsep tentang materi larutan penyangga di SMA 2 Negeri Meulaboh. Kesalahan peserta didik dalam pemahaman hubungan antar konsep seringkali menimbulkan miskonsepsi. Pelajaran kimia merupakan salah satu yang sering mengalami miskonsepsi karena konsepnya bersifat abstrak. Materi larutan penyangga merupakan materi kimia yang bersifat abstrak dan kompleks. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi larutan penyangga peserta didik kelas XII MIA 1 yang telah mempelajari materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik perempuan dan 6 peserta didik laki-laki yang telah mempelajari materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 Meulaboh. Data dikumpulkan melalui tes diagnostic two-tier. Pengolahahan data menggunakan teknik perhitungan persentase yang dikelompokan dalam kelompok paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami peserta didik terjadi pada semua konsep larutan penyangga yaitu sebesar 31,59% dan tergolong sedang. Aspek konsep larutan penyangga yang mengalami miskonsepsi meliputi konsep larutan penyangga sebesar 24,99%, konsep penyangga basa sebesar
40,57%, konsep penyangga asam sebesar 18,57%, dan konsep pH larutan penyangga sebesar 44,56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Meri Dayanti Meri
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:42
Last Modified: 02 Mar 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item
TOP