Kepemimpinan Pimpinan Dayah dalam Pembinaan Kemampuan Teknologi Informasi Guru di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh

Fajar Agustina, 140206099 (2021) Kepemimpinan Pimpinan Dayah dalam Pembinaan Kemampuan Teknologi Informasi Guru di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Pimpinan Dayah dalam Pembinaan  Kemampuan Teknologi Informasi Guru di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh]
Preview
Text (Kepemimpinan Pimpinan Dayah dalam Pembinaan Kemampuan Teknologi Informasi Guru di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh)
Fajar Agustina, 140206099, FTK, MPI, 082363088233.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang saat ini sangat mempengaruhi keefektifan belajar serta kemajuan lembaga pendidikan seperti yang terjadi atau yang dirasakan oleh Dayah Modern Darul Ulum banda Aceh yang mana dayah ini telah menerapkan teknologi informasi mulai dari website dayah, web guru, pendaftaran penerimaan santri secara online, serta media sosial lain dan bahkan terdapat mata pelajaran astronomi dan pelatihan TI terhadap peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan, kemampuan Teknologi informasi guru serta bagaimana strategi pimpinan dayah dalam pembinaan kemampuan TI guru Di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian pimpinan dayah, staf bagian TI, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gaya kepemimpinan di Dayah modern Darul Ulum adalah demokratis yang ditandai dengan ciri-ciri; (1) dalam mengambil keputusan melakukan rapat terlebih dahulu; (2) menerima pendapat dari staf dan bawahan; (3) serta komunikasi yang terjalin dengan baik; (4) pembagian wewenang. Kedua, kemampuan teknologi informasi guru di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh hampir seluruhnya mampu menggunakan teknologi informasi namun ada beberapa yang masih kurang menguasai disebabkan dua faktor; (1) usia sudah tua dan; (2) skill dan pengalaman yang masih kurang. Adapun strategi yang dilakukan dalam pembinaan kemampuan teknologi informasi guru adalah; (1) pimpinan dayah mempercayakan semua permasalahan terkait TI kepada staf bagian TI dan; (2) staf TI membuat program pelatihan untuk guru yang masih kurang menguasai teknologi informasi, namun program tersebut belum bisa dijalankan karena ada kendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fajar Agustina Agustina
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:03
Last Modified: 24 Feb 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item
View Item