Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Marzuki Azwar, 140204128 (2021) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Skripsi Pendidikan]
Preview
Text (Skripsi Pendidikan)
Marzuki Azwar, 140204128, FTK, PFS, 085360025301.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Prodi Pendidikan fisika merupakan salah satu program studi dalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang membekali mahasiswa dengan berbagai cara dan program untuk dapat memiliki kompetensi. Upaya yang telah diberikan yaitu melalui pembentukan kemampuan dasar mengajar, baik teori maupun praktik. Dengan upaya tersebut diharapkan nantinya setelah lulus mareka mampu dan telah siap untuk menjadi seorang guru yang sesuai bidang studinya. Keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai organisasi merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry sebagai calon guru kedepannya. Keaktifan mahasiswa dalam organisasi kampus adalah salah satu proses pembelajaran untuk memperoleh kompetensi yang diharapkan untuk menjadi seorang Guru yang berkepemimpinan dan profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan mengajar mahasiswa calon guru Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian bersifat kuantitatif dan data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dengan metode angket dan observasi. Adapun hasil dari penelitian adalah keaktifan berorganisasi berpengaruh terhadap kemampuan mengajar mahasiswa calon guru Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dibuktikan dari hasil angket mahasiswa dengan pencapaian poin 3655 dengan nilai persentase 93,24%, menunjukkan kriteria nilai baik sekali dan observasi terhadap aspek kompetensi profesional dan pedagogis atau kemampuan mengajar dari penilaian Mikro Teaching mencapai jumlah nilai 4325.55 dengan persentase 88,28%, menunjukkan kriteria nilai baik sekali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Berorganisasi, Kemampuan, Mengajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 110 Metaphysics (Metafisika)
100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan)
100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan) > 121 Epistemologi (Teori Pengetahuan)
100 Philosophy and Psychology > 160 Logic (Logika)
400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
900 Geography and History > 906 Organisasi dan Manajemen Sejarah
900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Pd Marzuki Azwar Marzuki
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:31
Last Modified: 02 Mar 2021 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item
View Item