Pengaruh Model Pembelajaran visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA

Sufianum Maulidar, 150205113 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA)
Sufianum Maulidar, 150205113, FTK, PMA, 085270519197.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari siswa supaya mampu berfikir logis, kreatif dan bertanggungjawab. Namun masih banyak siswa yang mengalami kendala dalam mempelajarinya sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika.Salah satu penyebab hasil rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMAS Darussaadah Teupin Raya karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak memperhatikan gaya belajar siswa yang beragam sehingga banyak siswa tidak mampu memahami matematika karena guru hanya mengajarkan dengan gaya tertentu saja.Oleh karena itu sangat diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu memberikan kebebasan untuk siswa dalam menentukan gaya belajarnya yang sesuai dengan dirinya sendiri, salah satu model pembelajaran yang diduga dapat menyelesaikan permasalahan tersebut adalah model Visualization Auditory Kinestetic (VAK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Darussaadah Teupin Raya, dan sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA1 sebagai kelas kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa dan 24 siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA/MA. Dari hasil pengolahan data diperoleht_hitung=4,62 dan t_tabel= 2,05 maka〖 t〗_hitung>t_tabel yaitu 4,62> 2,05. Maka terima H_1 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar siswa SMAS Darussaadah Teupin Raya. Adapun tujuan selanjutnya dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Visualization Auditory kinestetic (VAK) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa SMA/MA. Dari hasil pengolahan data diperoleh〖 t〗_hitung= 2,682〖 t〗_( tabel)= 1,68 maka〖 t〗_hitung>t_tabel yaitu 2,682> 1,68. Maka terima H_1 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran VAK lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi Barisan dikelas XI mia3 SMAS Darussaadah Teupin Raya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sufianum Maulidar Sufianum
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:13
Last Modified: 24 Feb 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item View Item
TOP