Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project-Based Learning di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar

Nikita, 150209098 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project-Based Learning di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar)
Nikita, 150209098, FTK, PGMI, 082320393074.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa kurangnya sumber belajar dan tidak adanya aktivitas yang menarik dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kurangnya sumber belajar membuat siswa merasa kesulitan mempelajari suatu topik dikarenakan terbatasnya materi yang ada di dalam buku paket tematik. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar siswa dapat melakukan aktivitas pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan dan respon guru terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis project-based learning di kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan bahan ajar tematik berbasis PjBL sudah baik dan bisa menjadi inovasi baru yang menarik, (2) kelayakan bahan ajar tematik berbasis PjBL dinilai oleh validator ahli media memperoleh 86% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi diperoleh kelayakan mencapai 85,5% temasuk dalam kategori “Sangat Layak”, (3) hasil respon guru terhadap bahan ajar pada pembelajaran tematik ini memperoleh 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd 2. Emalfida, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik, Project-Based Learning
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.389 Kurikulum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nikita Niki
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:34
Last Modified: 26 Feb 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item
View Item