Efektivitas Praktik Rahn Sawah terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara)

Wanna Fadila, 150602157 (2020) Efektivitas Praktik Rahn Sawah terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Efektivitas Praktik Rahn Sawah terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara)]
Preview
Text (Tentang Efektivitas Praktik Rahn Sawah terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara))
Wanna Fadila, 150602157, FEBI, ES, 082256134812.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Praktik Rahn Sawah Terhadap Sosial Ekonomi (Studi Kasus di Gampong Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara)”, bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas praktik gadai sawah terhadap sosial ekonomi masyarakat di Gampong Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixed methods) dan jenis penelitiannya ialah penelitian lapangan. Populasi seluruh seluruh petani sawah yang ada di di Desa Matang Bayu sedangkan sampel 76 orang. Teknik pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas Praktek Rahn Sawah berpengaruh terhadap Sosial Ekonomi Rahn masyarakat dengan nilai korelasi sebesar 0,891, yang menunjukkan hubungan yang sedang dan cukup. Adapu besarnya pengaruh praktek Rahn Pemberi terhadap Sosial Ekonomi Pemberi Rahn didapatkan nilai r2 (R Square) yaitu 0,798 dan mengalikannya dengan 100%, dapat disimpulkan pengaruh praktek rahn terhadap sosial ekonomi sebesar 79,4% sedangkan sisanya 21% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wanna Fadila Wanna
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:36
Last Modified: 24 Feb 2021 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item
View Item