Hubungan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Penyelesaian Soal – soal Fisika pada Konsep Getaran Harmonis

Luthfi Putriana, 160204014 (2021) Hubungan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Penyelesaian Soal – soal Fisika pada Konsep Getaran Harmonis. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Hubungan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Penyelesaian Soal – soal Fisika pada Konsep Getaran Harmonis)
Luthfi Putriana, 160204014, FTK, PFS, 082252020097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan numerik dapat dikatakan sebagai kemampuan berhitung. Sebagian besar peserta didik kemampuan numeriknya rendah, maka efeknya tingkat kemampuan penyelesaian soal Fisika juga rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan numerik siswa pada Tes Kemampuan Numerik, menganalisis kemampuan penyelesaian soal-soal Fisika siswa pada materi Getaran Harmonis, serta menganalisis hubungan kemampuan numerik dengan kemampuan penyelesaian soal-soal Fisika pada materi Getaran Harmonis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional bersifat ex post facto, dengan menggunakan desain studi hubungan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MAN 2 Aceh Barat, sedangkan yang menjadi sampel yaitu kelas XI MIA1 dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random samping. Instrumen yang digunakan yaitu soal Tes Numerik dan soal Tes Fisika materi Getaran Harmonis. Teknik pengumpulan data dengan metode tes yaitu Tes Kemampuan Numerik dan Tes Kemampuan Penyelesaian soal Fisika. Teknik analisis datanya yaitu melihat kriteria kemampuan numerik dan kemampuan penyelesaian soal, melakukan uji normalitas, uji linieritas, serta uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebagian besar kriteria kemampuan numerik siswa termasuk kategori sangat kurang (rentang nilai 0-49), sedangkan kemampuan penyelesaian soal termasuk kategori sangat rendah (rentang 0-54), dan diperoleh koefisien korelasi dengan nilai rhitung = 0,958 dan rtabel = 0,3515, sehingga nilai rhitung ≥ rtabel artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan kemampuan penyelesaian soal Fisika pada konsep Getaran Harmonis kelas XI MIA1 MAN 2 Aceh Barat. Oleh karena itu untuk dapat melakukan penelitian selanjutnya dengan jenis isntrumen yang berbeda agar dapat memberikan peningkatan terhadap nilai yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Luthfi Putriana Luthfi
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:42
Last Modified: 24 Feb 2021 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item
TOP