Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Salapiah Yulita, 150209055 (2021) Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Min 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Min 26 Aceh Besar)
Salapiah Yulita , 150209055, FTK, PGMI, 082272840916. (1)_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB) | Preview

Abstract

Dari hasil penelitian di MIN 26 Aceh Besar kelas IVb, bahwa guru mengunakan berbagai cara agar siswa menjadi aktif, namun sebagian siswa masih ada berbicara dan mengganggu teman ketika pembelajaran sedang berlangsung dan kurangnya keberanian siswa mengemukakan pendapat. Selain itu fasilitas belajar yang kurang memadai menyebabkan kurangnya kreativitas siswa,. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk melakukan upaya menerapkan media poster. Media poster menjadi salah satu cara untuk dapat mengatasi masalah yang terdapat pada kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatan kreativitas siswa dalam penerapan media poster kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar angket siswa terhadap penggunaan media poster. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: aktivitas guru pada siklus I dalam katagori cukup baik dengan persentase 73,8%. Pada siklus II guru mengalami peningkatan dengan katagori sangat baik dengan persentase 91,6%. Aktivitas siswa pada siklus I dalam katagori cukup baik dengan persentase 71,5%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat dengan katagori sangat baik dengan persentase92,1%. Dan hasil kreativitas siswa siklus I dalam katagori cukup kreatif dengan persentase 68,7% . Siklus II mengalami peningkat menjadi 93,7% dalam katagori sangat kreatif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salapiah Yulita Pia
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:28
Last Modified: 25 Feb 2021 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16142

Actions (login required)

View Item
View Item