Peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh Terhadap Anak Yang Kehilangan Pengasuhan (Menurut UU No.35/2014 dan Hukum Islam)

Khalidah Murni, 160101085 (2020) Peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh Terhadap Anak Yang Kehilangan Pengasuhan (Menurut UU No.35/2014 dan Hukum Islam). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh Terhadap Anak Yang Kehilangan Pengasuhan (Menurut UU No.35/2014 dan Hukum Islam)]
Preview
Text (Peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh Terhadap Anak Yang Kehilangan Pengasuhan (Menurut UU No.35/2014 dan Hukum Islam))
Khalidah Murni, 160101085, FSH, HK, 082288565539.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengasuhan anak dapat di artikan disamping atau berada dibawah ketiak, merawat serta mendidik seseorang yang belum mumayyiz atau yang kehilangan kecerdasannya, karena mereka tidak bias memenuhi keperluannya sendiri. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah: pertama, Bagaimana peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh terhadap anak yang kehilangan pengasuhan. Kedua, apa faktor yang mempengaruhi peran Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh dalam menerapkan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak terhadap anak yang kehilangan pengasuhan. Ketiga,bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peran yang dijalankan Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh. Dalam pembahasan penulis menggunakan jenis penelitian lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh telah mencapai hasil secara umum dalam memenuhi kebutuhan dan perlindungan anak kehilangan pengasuhan seiring bertambahnya jejaring perlindungan anak. Pengasuhan anak yang dilakukan Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh sebagai tempat perlindungan bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan. Dalam Islam, pengasuhan anak merupakan kewajiban dari Allah SWT. Maka, orang tua, masyarakat, dan pemerintah yang mampu menjalankannya akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Adapun yang mengabaikannya akan diberikan kesulitan di dunia dan akhirat kelak. Penulis menyarankan bagi semua pihak yang berkaitan dalam melindungi anak agar lebih memperhatikan anak-anak yang ada di lembaga panti asuhan atau yayasan, terutama dalam memberikan kasih sayang dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari terhadap anak kehilangan pengasuhan atau terlantar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ridwan Nurdin M.C.L Pembimbing II : Hajarul Akbar S.H.I., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran, Pengasuhan, Yayasan SOS Children’s Villages Banda Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.37 Menyusui dan Mengasuh / Memelihara Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Khalidah Murni
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:08
Last Modified: 25 Feb 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item
View Item