Penguatan Pendidikan Agama Masyarakat Berbasis Manajemen Pesantren (Studi PesantrenTariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan)

Rahul Ihsan, 140206101 (2020) Penguatan Pendidikan Agama Masyarakat Berbasis Manajemen Pesantren (Studi PesantrenTariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penguatan Pendidikan Agama Masyarakat Berbasis Manajemen Pesantren (Studi PesantrenTariqun Najah Desa Hulu pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan)]
Preview
Text (Penguatan Pendidikan Agama Masyarakat Berbasis Manajemen Pesantren (Studi PesantrenTariqun Najah Desa Hulu pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan))
Rahul Ihsan, 140206101, FTK, MPI, 081221433380.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan pendidikan agama islam di Pesantren Tariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan. Untuk mengetahui pendidikan agama berbasis manajemen di Pesantren Tariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, adapun lokisi penelitian dalam tulisan ini adalah Pesantren Tariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Pesantren Tariqun Najah sebanyak 1 orang dan guru sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Penguatan pendidikan agama islam di Pesantren Tariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan yang diajarkan di Pesantren Tariqun Najah bermacam-macam seperti ilmu fiqih, bahasa arab, tajwid, ilmu saraf, nahu, aqidah akhlak dan masih banyak yang lainnya, ilmu fiqih berfungsi sebagai hukum dalam kehidupan sehari-hari, bahasa arab agar santri dapat dan lancar dalam berbahasa arab, kemudian ilmu tajwid yang berfungsi untuk memperlurus bacaan Alquran dan ilmu saraf berfungsi sebagai salah satu cabang ilmu tata bahasa arab yang membahas permasalahan bentuk suatu kalimah atau kata, baik dalam perubahan bentuk, penambahan huruf, susunan huruf yang membentuk kata. Semua yang diajarkan untuk meningkatkan penguatan agama bagi para santri yang menuntut ilmu di Pesantren Tariqun Najah dengan adanya pesantren ini untuk membantu santri dalam menguatkan pengetahuan agamanya, sehingga dapat merubah prilaku para santri dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Pendidikan agama berbasis manajemen di Pesantren Tariqun Najah Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan dengan manajemen di suatu lembaga pendidikan memang sangat perlu ditingkatkan untuk melaksanakan kepentingan suatu sistem pendidikan tersebut salah satunya adalah dengan membuat kurikulum pesantren yang digunakan untuk menyusun kerangka pelajaran yang ada di Pesantren Tariqun Najah. Pesantren Taiqun Najah merupakan pesantren yang baru didirikan dan belum begitu maju, dan banyak lagi penerapan manajemen yang belum begitu baik yang dihadapi dalam memajukan Pesantren Tariqun Najah ini diantaranya adalah fasilitas dan lain-lainnya masih sangat kurang, dan kebanyakan belajar dib alai-balai secara lesehan, selain itu mutu tenaga pendidik masih kurang, sehinga ini menjadi hambatan dalam mengembangkan pesantren tariqun najah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Faisal, S. Ag., M.Ag, Pembimbing II : Ainul Mardhiah, MA.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Pendidikan, Masyarakat, Manajemen, Pesantren
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahul ihsan Rahul
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:03
Last Modified: 25 Feb 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16154

Actions (login required)

View Item
View Item