Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Otoritatif Orangtua Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Peukan Bada

Ainayavia Almaida, 160901104 (2021) Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Otoritatif Orangtua Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Otoritatif Orangtua Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Peukan Bada]
Preview
Text (Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Otoritatif Orangtua Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Peukan Bada)
Ainayavia Almaida, 160901104, FIP, PSI, 081362211531.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kematangan emosi pada remaja dapat diperoleh melalui pola asuh yang diterima remaja ketika berada pada ruang lingkup keluarga. Pola asuh yang baik dapat menghasilkan hubungan timbal balik yang baik pula antara orang tua dan remaja sehingga remaja mampu mencapai kematangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh otoritatif orangtua dengan kematangan emosi pada remaja di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Penelitian ini menggunakan teori pola asuh otoritatif Tridonanto & Agency (2014) dan teori kematangan emosi Murray (dalam Susanto, 2018). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 167 remaja di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi pola asuh otoritatif orangtua dengan kematangan emosi pada remaja di SMA Negeri 1 Peukan Bada, dengan koefisien korelasi sebesar 0,637 dengan p = 0,00. Hal ini didasarkan pada perhitungan statistik dengan nilai taraf signifikansi p < 0,05. Artinya semakin baik persepsi pola asuh otoritatif orangtua maka akan semakin tinggi kematangan emosi pada remaja di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Sebaliknya semakin tidak baik persepsi pola asuh otoritatif orangtua maka akan semakin rendah kematangan emosi pada remaja di SMA Negeri 1 Peukan Bada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Julianto, S.Ag., M.Si 2. Fatmawati, S.Psi., B.Psych (Hons), M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pola asuh otoritatif, kematangan emosi, orangtua, remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ainayavia Almaida
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:18
Last Modified: 25 Feb 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item
View Item