Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di MAN 1 Bireuen.

Zikri Fonna, 140206045 (2020) Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di MAN 1 Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media  Pembelajaran Di  MAN 1 Bireuen.]
Preview
Text (Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di MAN 1 Bireuen.)
Zikri Fonna, 140206045, FTK, MPI, 082370559696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Di MAN 1 Bireuen media pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, akan tetapi kenyataan di lapangan masih ada guru yang belum menguasai dalam bidang IT, maka dari itu pihak sekolah mengupayakan agar setiap guru yang ada di MAN 1 Bireuen mampu bekerjasama untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran di MAN 1 Bireuen, dan untuk mengetahui kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran di MAN 1 Bireuen. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolahdandua orang guru.Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran di MAN 1 Bireuen dalam menggunakan media pembelajaran masih belum efektif,karena sebagian guru masih belum memahami tentang media pembelajaran yang berbasis IT, salah satunya membuat power point yang menarik agar peserta didik lebih konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Di MAN 1 Bireuen memiliki beberapa guru yang memiliki kemampuan berbeda-beda, termasuk dalam memilih media pembelajaran, sebagian guru hanya bisa menggunakan media pembelajaran yang bersifat non IT dan sebagian guru lainnya sudah mampu menggunakan media pembelajaran yang bersifat IT. Kepala Sekolah mengambil inisiatif untuk guru-guru yang belum kompeten dalam bidang IT untuk diberikan pelatihan-pelatihan dari sesama guru.Kendala kepala MAN 1 Bireuen dalam penggunaan media pembelajaran. Pertama, media pembelajaran yang sangat terbatas, seperti dalam melengkapi alat-alat media pembelajaran. Kedua, dana yang kurang juga menjadi satu hambatan untuk MAN 1 Bireuen. Ketiga, kemampuan guru yang masih kurang dalam penggunaan media. Keempat, fasilitas listrik yang sering padam juga menjadi kendala tersendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M.Ag. Pembimbing II : Tihalimah, MA.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zikri Fonna Zikri
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:48
Last Modified: 26 Feb 2021 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item
View Item