Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan

Asmiwati, 140206142 (2019) Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan)
Asmiwati, 140206142, MPI, FTK, 082360958408.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin merupakan faktor kunci dalam menciptakan perubahan dalam suatu organisasi. Strategi yang tepat akan membantu proses pengimplementasian Manajemen Berbasis Sekolah serta tujuan yang hendak dicapai akan lebih efektif dan efisien. Melihat begitu penting peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah, seharusnya kepala sekolah sudah memahami tentang hakikat Manajemen Berbasis Sekolah karena kepala sekolah merupakan top leader. Namun masih terdapat kesenjangan dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah, strategi kepala sekolah, serta apa saja hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan kepala tata usaha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan adalah gaya kepemimpinan demokratis. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu dengan cara pembinaan disiplin, pembangkitan motivasi dan memberikan rewards. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu kurangnya sosialisasi serta pengetahuan guru dan staf tentang hakikat Manajemen Berbasis Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari, MA Pembimbing II : Dr. Sri Rahmi, MA
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asmiwati Asmi
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:59
Last Modified: 26 Feb 2021 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16192

Actions (login required)

View Item
View Item