Simpanan Karbon Tanah Di Kawasan Manifestasi Geothermal Ie Jue Seulawah Agam Desa Meurah Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan

Qisthi, 140 207 031 (2021) Simpanan Karbon Tanah Di Kawasan Manifestasi Geothermal Ie Jue Seulawah Agam Desa Meurah Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Simpanan Karbon Tanah Di Kawasan Manifestasi Geothermal Ie Jue Seulawah Agam Desa Meurah Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan)
Qisthi, 140207031, FTK, PBL, 082215145171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46MB) | Preview

Abstract

Produksi dan produktivitas merupakan salah satu materi yang di bahas pada mata kuliah ekologi tumbuhan. Produktivitas merupakan kemampuan makhluk hidup dalam menghasilkan zat organik, yaitu hasil dari fotosintesis C6H12O6 disebut dengan biomassa yang dihasilkan oleh produktivitas primer yaitu tumbuhan. Sedikitnya referensi membuat pemahaman mahasiswa mengenai simpanan karbon masih sangat kurang. Pentingnya mengetahui simpanan karbon di dalam tanah untuk mengetahui jumlah dari biomassa yang hilang atau bertambah dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simpanan karbon tanah di kawasan Manifestasi Geothermal Ie Ju Desa Meurah dan dapat memanfaatkan hasil penelitian simpanan karbon tanah di kawasan Manifestasi Geothermal Ie Ju Desa Meurah Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar dalam bentuk modul pembelajaran sebagai referensi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode composite sampling yaitu metode pengambilan sampel gabungan di setiap kedalaman 10, 20, dan 30 cm pada plot. Lokasi pengambilan sampel terbagi menjadi stasiun 1 dan stasiun 2, pengambilan sampel dilakukan berdasarkan 4 arah mata angin dan masing-masing arah mata angin terbagi menjadi 3 titik. penarikan line transek dimulai dari titik 0, 50, dan 100m. Hasil jumlah total (ton/ha) simpanan karbon organik tanah di kawasan manifestasi geothermal Ie Jue Seulawah Agam yaitu 4826,73 ton/ha. Pemanfaatan hasil penelitian yaitu sebagai referensi dalam bentuk modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Qisthi Qisthi
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:13
Last Modified: 01 Mar 2021 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item
TOP