Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dan Media Audio Visual Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas Vii SMPN 10 Banda Aceh

Raudhatul Isma Anis, 140207034 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dan Media Audio Visual Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas Vii SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dan Media Audio Visual Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas Vii SMPN 10 Banda Aceh)
Raudhatul Isma Anis, 140207034, FTK, PBL, 085328572017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (63MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara di SMPN 10 Banda Aceh menunjukkan respon dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong kategori rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan media audio visual pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 10
Banda Aceh yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D dan VII-E, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII-A yang berjumlah 27 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis respon siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar pretest dan posttest menggunakan rumus peningkatan hasil belajar kognitif (N-gain). Hasil analisis data menunjukkan rata-rata persentase respon siswa tergolong sangat tinggi yaitu 86,15% dimana nilai untuk aspek ketertarikan 88,66%, aspek keingintahuan 84% dan aspek keterbantuan 85,8%. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest 45,48%, posttest 80,14, rata-rata gain 34,66 dan nilai N-Gain sebesar 0,62. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan media audio visual pada materi klasifikasi makhluk hidup tergolong sangat tinggi (86,15) dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan dengan kategori perolehan N-gain tergolong sedang (0,62).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Raudhatul Isma Anis Anis
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:11
Last Modified: 01 Mar 2021 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16198

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP