Metode Penerapan Halaqah: Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Membaca Al-Qur`an di Masjid Fathun Qarib Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Nana Novita, 431206819 (2016) Metode Penerapan Halaqah: Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Membaca Al-Qur`an di Masjid Fathun Qarib Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Nana Novita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Metode Penerapan Halaqah: Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Membaca Al-Qur`an di Masjid Fathun Qarib Uin Ar-Raniry Banda Aceh”. Skripsi ini penting untuk dikaji karena Halaqah merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry, dan menjadi salah satu syarat untuk mengikuti sidang Munaqasyah skripsi, seharusnya dengan keberadaan Halaqah di UIN Ar-Raniry sekarang mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an mahasiswa, apalagi UIN Ar-Raniry adalah sebuah Perguruan Tinggi Islam yang memiliki tanggungjawab moral cukup besar untuk melahirkan sarjana-sarjana yang memiliki kompetensi dibidang membaca dan mengajarkan Al-Qur`an. Namun pada kenyataannya meskipun Halaqah sudah diterapkan masih ada mahasiswa yang belum mengetahui tentang Qira’at Al-Qur`an dengan baik dan benar. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pola penerapan Halaqah di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh, untuk mengetahui hasil kemampuan membaca Al-Qur`an mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan untuk mengetahui peluang dan tantangan pengajar Halaqah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, analisis dan tekhnik pengumpulan data yaitu penelitian lapangan melalui wawancara, kemudian dianalisa melalui proses Reduksi Data. Subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Pelaksana Halaqah, Wakil Ketua Pelaksana, Staf, Pengajar dan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa mekanisme pelaksanaan Halaqah dijalankan sesuai dengan surat edaran Rektor tentang pedoman pelaksanaan Halaqah Bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, hasil kemampuan mahasiswa membaca Al-Qur`an sangat bervariatif tergantung kepada mahasiswa itu sendiri, sejauh ini banyak mahasiswa yang telah berhasil mengikuti program Halaqah dibuktikan dengan nilai yang diberikan oleh pengajar hampir rata-rata mendapatkan nilai bagus dan tantangan yang dihadapi pengajar Halaqah yaitu dari segi logat bahasa, kurangnya minat mahasiswa mengikuti Halaqah serta kurangnya sarana dan prasana yang tersedia. Sedangkan peluang bagi pengajar, pengajar dapat meminta ketegasan kepada pimpinan untuk mendorong mahasiswa agar lebih semangat mengikuti program Halaqah serta pengajar dapat meminta bantuan kepada pimpinan agar bisa mendapatkan fasilitas yang baik demi kelancaran proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, M.S.i; NIP. 196010081995031001 2. Raihan, S. Sos.I, MA; NIP. 198111072006042003
Uncontrolled Keywords: Ilmu Qiraat, Adab membaca Al-Qu`an, Halaqah, Al-Qur`an, Kemampuan Membaca Al-Qur`an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 26 Jul 2017 09:30
Last Modified: 26 Jul 2017 09:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item
TOP