Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Tutor Sebaya Pada Siswa SMP

Melda Anggreni, 160205099 (2021) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Tutor Sebaya Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Tutor Sebaya Pada Siswa SMP)
Melda Anggreni, 160205099, FTK, MTK, 085282479479.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peran penting dalam menyelesaikan berbagai masalah, khususnya masalah kehidupan sehari-hari. Namun faktanya kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu strategi pembelajaran Active Learning tipe tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Learning tipe tutor sebaya pada siswa SMP; (2) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan strategi pembelajaran Active Learning tipe tutor sebaya dengan strategi ekspositori. Metode penelitian adalah penelitian quasi eksperiment dengan control group pretest- posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh di siswa kelas VIII SMP Swasta Islam Al-Falah Lamjampok, dengan sampel penelitiannya kelas VIII-C dan VIII-D masing-masing sebanyak 25 orang yang dipilih secara cluster random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan analisis data melalui statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) t_hitung> t_tabel yaitu 15,92 > 1,71 berarti bahwa strategi pembelajaran Active Learning dengan tipe tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) berdasarkan hasil uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh t_hitung=2,39 dan t_tabel= 1,67 maka t_hitung>t_tabel, menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang diterapkan strategi Active Learning tipe tutor sebaya lebih baik dari pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan strategi ekspositori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Melda Anggreni Melda
Date Deposited: 02 Mar 2021 01:59
Last Modified: 02 Mar 2021 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item
TOP