Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar

Nailul Adhar, 261222860 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Hasil Belajar Matematika)
Full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nama : Nailul Audhar
NIM : 261222860
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Matematika
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar
Tanggal Sidang : 11 Februari 2017
Tebal Skripsi : 149 Halaman
Pembimbing I : Dr. Nuralam, M.Pd
Pembimbing II : Budi Azhari, M. Pd
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe The Power Of Two, Hasil Belajar Matematika, Himpunan

Hasil belajar matematika siswa masih kurang optimal. Hal ini karena disebabkan oleh berbagai aspek, salah satu aspek yaitu dalam proses pembelajaran yang lebih mengutamakan pada aktivitas guru, sehingga siswa cenderung pasif, akibatnya siswa tidak minat dalam belajar dan belum terbangun kerjasama diantara siswa Untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran kooperatif tipe the power of two adalah salah satu alternatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada materi himpunan siswa kelas VII SMP N 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar, dan respon siswa terhadap aktivitas pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada materi himpunan di kelas VII SMP N 1 Kuta Cot Glie Aceh besar. Penelitian ini menggunakan model desain penelitian quasi eksperimen, dengan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kuta Cot Glie sebanyak empat kelas, sebagai sampel diambil dua kelas dengan cluster random sampling yaitu kelas VII/A sebanyak 21 siswa adalah kelas eksperimen dan kelas VII/B sebanyak 20 siswa adalah kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui angket respon siswa dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe the power of two adalah sangat positif, hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two tuntas secara klasikal 90,47%. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t, kriteria pengujian adalah terima Ho jika -2,09 < t^' < 2,09. Karena t^' > 2,09 atau 3,75 > 2,09, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing: 1. Dr. Nuralam, M.Pd 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe The Power Of Two, Hasil Belajar Matematika, Himpunan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nailul audhar Samidan
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:00
Last Modified: 17 Nov 2017 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item
TOP