Analisis Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Santri Ditinjau dalam Perspektif Religiusitas (Studi Pada Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh).

Mertisa Fardesi, 160602073 (2020) Analisis Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Santri Ditinjau dalam Perspektif Religiusitas (Studi Pada Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Santri Ditinjau dalam Perspektif  Religiusitas (Studi Pada Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh).]
Preview
Text (Analisis Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Santri Ditinjau dalam Perspektif Religiusitas (Studi Pada Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh).)
Mertisa Fardesi, 160602073, FEBI, ES, 082360330577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsumsi merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan. Manusia sebagai makhluk individu dan sosial mempunyai keinginan yang tidak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perilaku konsumtif santri di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh serta mengkaji dalam tinjauan religiusitas terhadap bentuk perilaku konsumsi tersebut. Data diperoleh melalui metode observasi dan wawancara terstruktur pada santri yang melakukan kegiatan kesehariannya di Dayah. Metode analisis dilakukan secara deskriptif berupa kata-kata tulisan atau lisan dari santri Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Berdasarkan hasil analisis, bentuk perilaku konsumtif dan gaya hidup santri meliputi kebutuhan harian, pendidikan, uang saku, dan pakaian. Ditinjau dari religiusitas meliputi beberapa aspek yaitu, dari segi keyakinan (idiologis), praktik ibadah (ritualistik), pengalaman (eksperensial), pengetahuan (intelektual), pengamalan (konsekuensial), sehingga santri yang berperilaku konsumtif akan memperoleh kontrol dari aspek religiusitas tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zaki Fuad, M.Ag Pembimbing II : Hafiizh Maulana, SP., S.HI., M.E
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, Santri, dan Religiusitas.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mertisa Fardesi
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:49
Last Modified: 10 Mar 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16218

Actions (login required)

View Item
View Item