Analisis Keabsahan Bonus pada Transaksi Top-Up Linkaja dalam Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus di PT. Telkomsel Kota Banda Aceh)

Meyla Akmalia, 160102222 (2020) Analisis Keabsahan Bonus pada Transaksi Top-Up Linkaja dalam Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus di PT. Telkomsel Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Analisis Keabsahan Bonus pada Transaksi Top-Up Linkaja dalam Perspektif Fikih Muamalah]
Preview
Text (Tentang Analisis Keabsahan Bonus pada Transaksi Top-Up Linkaja dalam Perspektif Fikih Muamalah)
Meyla Akmalia, 160102222, FSH, HES, 082235591254.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

LinkAja adalah layanan uang elektronik untuk transaksi apa saja baik itu beli pulsa/data, bayar merchant, bayar tagihan, kirim donasi, kirim uang hingga bayar asuransi dan mengajukan pinjaman. Dalam penggunaan dompet virtual LinkAja customer mendapatkan bonus jika bertransaksi di merchant-merchant yang berkerjasama dengan LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep akad wadia’ah dan dompet virtual dalam fikih muamalah, bagaimana akad yang diterapkan pada aplikasi LinkAja dan hukum bonus dalam aplikasi LinkAja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan mengumpulkan data-data melalui kepustakaan maupun lapangan untuk dianalisis secara kritis. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Business Development, Customer Service, dan Customer LinkAja. LinkAja menggunakan akad wadi’ah al-amanah. Hal ini di karenakan dana yang di top-up di simpan pada Bank yang berkerjasama dengan LinkAja dititipkan sebagai simpanan biasa tanpa adanya bunga yang berarti dana titipan tidak dimanfaatkan oleh penitip dan titipan bisa diambil sewaktu-waktu serta bonus yang diterima oleh customer adalah hasil dari pemberian perusahaan semata sebagai bentuk promosi sehingga hukum penggunaannya adalah sah secara syara’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Meyla Akmalia Meyla
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:00
Last Modified: 02 Mar 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item
View Item